Rabu, 14 Agustus 2013

Peran Bisnis Plan (Perencanaan Bisnis)

Apa itu bisnis plan???


Bisnis plan dapat di ibaratkan sebagai petunjuk dalam berwirausaha. Artinya sebuah perencanaan yang digunakan sebagai petunjuk, yang dipakai sebagai sebuah acuan saat melakukan sebuah wirausaha.


Mengapa harus ada bisnis plan dalam melakukan wirausaha atau bisnis???

Bisnis plan wajib ada agar ketika melaksanakan wirausaha tidak melenceng dari apa yang sudah ditargetkan.



Setiap wirausaha pastinya mempunyai sebuah target. Nah, agar wirausaha tidak melenceng dari apa yang sudah ditargetkan, maka dalam berwirausaha harus ada sebuah perencanaan yang benar-benar matang.
Bisnis plan dapat diumpamakan, ketika kita akan melakukan perjalanan mudik.


Nah kita pastinya menentukan tujuan tempat kampung halaman kita.(tujuan disini diumpamakan sebagai target wirausaha). Kemudian kita di hadapakan dengan banyak pilihan alat transportasi. Misalkan kita memilih membawa kendaraan pribadi sebagai alat transportasi, maka kita akan membuat perencanaan jalur mudik sampai ke kampung halaman.(perencanaan disini diumpamakan sebagai bisnis plan). Ketika kita sudah membuat perencanaan tersebut, tapi ketika kita melakukan perjalanan pulang kampung kita tidak sesuai dengan perencanaan tadi, semisal kita terjebak macet dan jalur yang sudah kita rencanakan tadi dialihkan, maka kita harus membuat perencanaan baru untuk mencapai kampung halaman kita.(perencanaan baru diumpamakan sebagai plan B). Setelah rencana kita berjalan dengan lancar, maka kita akan sampai pada kampung halaman kita.(target tercapai)

Berdasarkan perumpamaan tadi, penulis mengambil kesimpulan bahwa, Bisnis  plan sangat penting dalam wirausaha,


Karena bisnis plan di ibaratkan sebagai petunjuk. Dengan adanya petunjuk, jika kita melenceng dari rencana, kita bisa melihat kembali perencanaan yang kita buat dan membuat perencanaan baru(plan B), agar wirausaha kita berjalan sesuai tujuan wirausaha kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar